14 Jun 2016

SEJARAH PAJAJARAN (1482 – 1579) Bag 6

Untuk pusat pemerintahan adalah lahan yang datar, luas, dialiri sungai dan berlindung di balik  pegunungan. Kota-kota yang dikembangkan dengan corak ini misalnya Garut, Bandung dan  Tasikmalaya. Sumedang memiliki dua persyaratan tipe ini. Kutamaya dipilih oleh Pangeran  Santri  menurut  idealisme  Pesisir  Cirebon  karena  ia  orang  Sindangkasih  (Majalengka)  yang  selalu  hilir  mudik  ke  Cirebon.



  Baru  pada  waktu  kemudian  Sumedang  dikukuhkan  dengan  pola  garuda  ngupuk  pada  lokasi  pusat  kota  Sumedang  yang  sekarang}]  Gagal  merebut  benteng  kota,  pasukan  penyerbu  ini  dengan  cepat  bergerak  ke  utara  dan  menghancurkan  pusat-pusat  keagamaan  di  Sumedeng,  Ciranjang  dan  Jayagiri  yang  dalam  jaman Sri Baduga merupakan desa kawikuan yang dilindungi oleh negara. 
Sikap Ratu Dewata yang alim dan rajin bertapa, menurut norma kehidupan jaman itu tidak  tepat karena raja harus ―memerintah dengan baik‖. Tapa -brata seperti yang dilakukannya itu  hanya boleh dilakukan setelah turun tahta dan menempuh kehidupan manurajasuniya seperti  yang  telah  dilakukan  oleh  Wastu  Kancana.  Karena  itulah  Ratu  Dewata  dicela  oleh  penulis  Carita Parahiyangan dengan sindiran (kepada para pembaca) 
―Nya iyatna -yatna sang kawuri, haywa ta sira kabalik pupuasaan‖
  (Maka berhati-hatilan yang kemudian, janganlah engkau berpura-pura rajin puasa).  Rupa-rupanya penulis kisah kuno itu melihat bahwa kealiman Ratu  Dewata itu disebabkan  karena  ia  tidak  berani  menghadapi  kenyataan.  Penulis  kemudian  berkomentar  pendek  ―Samangkana ta precinta‖ (begitulah jaman susah).  
4. Ratu Sakti (1543 –  1551) 
Raja Pajajaran keempat adalah Ratu Sakti. Untuk mengatasi keadaan yang ditinggalkan Ratu  Dewata  yang  bertindak  serba  alim,  ia  bersikap  keras  bahkan  akhirnya  kejam  dan  lalim.  Dengan pendek Carita Parahiyangan melukiskan raja ini. Banyak rakyat dihukum mati tanpa  diteliti lebih dahulu salah tidaknya. Harta benda rakyat dirampas untuk kepentingan keraton  tanpa rasa malu sama sekali. 
Kemudian raja ini melakukan pelanggaran yang sama dengan Dewa Niskala yaitu mengawini  ―estri larangan ti kaluaran‖ (wanita pengungsi yang sudah bertunangan). Masih ditambah lagi  dengan  berbuat  skandal  terhadap  ibu  tirinya  yaitu  bekas  para  selir  ayahnya.  Karena  itu  ia  diturunkan dari tahta kerajaan. Ia hanya beruntung karena waktu itu sebagian besar pasukan
Hasanuddin  dan  Fadillah  sedang  membantu  Sultan  Trenggana  menyerbu  Pasurua  dan  Panarukan. Setelah meninggal, Ratu Sakti dipusarakan di Pengpelengan. 

5. Ratu Nilakendra (1551 –  1567) 
Nilakendra atau Tohaan di Majaya naik tahta sebagai penguasa Pajajaran yang kelima. Pada  saat  itu  situasi  kenegaraan  telah  tidak  menentu  dan  frustasi  telah  melanda  segala  lapisan  masyarakat. Carita Parahiyangan memberitakan sikap petani ―Wong huma darpa mamangan,  tan igar yan tan pepelakan‖ (Petani menjadi serakah akan makanan, tidak merasa senang bila  tidak  bertanam  sesuatu).  Ini  merupakan  berita  tidak  langsung,  bahwa  kelaparan  telah  berjangkit. 
Frustasi  di  lingkungan  kerajaan  lebih  parah  lagi.  Ketegangan  yang  mencekam  menghadapi  kemungkinan  serangan  musuh  yang  datang  setiap  saat  telah  mendorong  raja  beserta  para  pembesarnya  memperdalam  aliran  keagamaan  Tantra.  Aliran  ini  mengutamakan  mantera- mantera  yang  terus  menerus  diucapkan  sampai  kadang-kadang  orang  yang  bersangkutan  merasa bebas dari keadaan di sekitarnya. Seringkali, untuk mempercepat keadaan tidak sadar  itu, digunakan minuman keras yang didahului dengan pesta pora makanan enak. 
―Lawasnya ratu kampa kalayan pangan, tatan agama gyan kewaliya mamangan sadrasa nu  surup ka sangkan beuanghar‖  
(Karena terlalu lama raja tergoda oleh makanan, tiada ilmu yang disenanginya kecuali perihal  makanan lezat yang layak dengan tingkat kekayaan). 
Selain  itu,  Nilakendra  malah  memperindah  keraton,  membangun  taman  dengan  jalur-jalur  berbatu mengapit larangan. membangun keramat‖ 
(bale bobot) sebanyak 17 baris yang ditulisi bermacam-macam kisah dengan emas. 
Mengenai  musuh  yang  harus  dihadapinya,  sebagai  penganut  ajaran  Tantra  yang  setia,  ia  membuat  sebuah keramat‖ Sanghiyang Bendera yang  diandalkannya  menolak  musuh.  Meskipun  bendera  ini  tak  ada  gunanya  dalam  menghadapi  laskar  Banten  karena  mereka  tidak  takut  karenanya.  Akhirnya  nasib  Nilakendra  dikisahkan  ―alah  ang, tan ring (kalah maka tidak di  keraton). 
Nilakendra  sejaman  dengan  Panembahan  Hasanudin  dari  Banten  dan  bila  diteliti  isi  buku  Sejarah  Banten  tentang  serangan  ke  Pakuan  yang  ternyata  melibatkan  Hasanudin  dengan  puteranya  Yusuf,  dapatlah  disimpulkan,  bahwa  yang  tampil  ke  depan  dalam  serangan  itu  adalah Putera Mahkota Yusuf. Peristiwa kekalahan Nilakendra ini terjadi ketika Susuhunan  Jati masih hidup (ia baru wafat tahun 1568 dan Fadillah wafat 2 tahun kemudian). 
Demikianlah,  sejak  saat  itu  ibukota  Pakuan  telah  ditinggalkan  oleh  raja  dan  dibiarkan 
nasibnya berada pada penduduk dan para prajurit yang ditinggalkan. Namun ternyata Pakuan  sanggup bertahan 12 tahun lagi. 
6. Raga Mulya (1567 –  1579) 
Raja  Pajajaran  yang  terakhir  adalah  Nusya  Mulya  (menurut  Carita  Parahiyangan).  Dalam  naskah-naskah Wangsakerta ia disebut Raga Mulya alias Prabu Suryakancana. Raja ini tidakberkedudukan  di  Pakuan,  tetapi  di  Pulasari,  Pandeglang.  Oleh  karena  itu,  ia  disebut  Pucuk  Umun  (=Panembahan)  Pulasari.  [Mungkin  raja  ini  berkedudukan  di  Kaduhejo,  Kecamatan  Menes pada lereng Gunung Palasari]. 
Menurut Pustaka Nusantara III/1 dan Kretabhumi I/2 : 
―Pajajaran sirna ing ekadaca cuklapaksa Weshakamasa sewu limang atus punjul siki ikang 
Cakakala‖ .  
(Pajajaran lenyap pada tanggal 11 bagian terang bulan Wesaka tahun 1501 Saka). Kira-kira 
jatuh pada tanggal 8 Mei 1579 M. 
Sejarah  Banten  memberitakan  keberangkatan  pasukan  Banten  ketika  akan  melakukan 
penyerangan ke Pakuan dalam pupuh Kinanti (artinya saja): 
―Waktu keberangkatan itu terjadi bulan Muharam tepat pada awal bulan hari Ahad tahun Alif  inilah tahun Sakanya satu lima kosong satu‖.  
Walaupun  tahun  Alief  baru  digunakan  oleh  Sultan  Agung  Mataram  dalam  tahun  1633  M,  namun  dengan  perhitungan  mundur,  tahun  kejatuhan  Pakuan  1579  itu  memang  akan  jatuh  pada tahun Alif. Yang keliru hanyalah hari, sebab dalam periode itu, tanggal satu Muharam  tahun Alif akan jatuh pada hari Sabtu. 
Yang  terpenting  dari  naskah  Banten  tersebut  adalah  memberitakan,  bahwa  benteng  kota  Pakuan baru dapat dibobol setelah terjadi ―penghianatan‖. Komandan kawal benteng Pakuan  merasa sakit hati karena ―tidak memperoleh kenaikan pangkat‖. Ia adalah saudara Ki Jongjo,  seorang kepercayaan Panembahan Yusuf. Tengah malam, Ki Jongjo bersama pasukan khusus  menyelinap ke dalam kota setelah pintu benteng terlebih dahulu dibukakan saudaranya itu. 
Kisah  itu  mungkin  benar  mungkin  tidak.  Yang  jelas  justeru  menggambarkan  betapa  tangguhnya benteng Pakuan yang dibuat Siliwangi. Setelah ditinggalkan oleh raja selama 12  tahun, pasukan Banten masih terpaksa menggunakan cara halus untuk menembusnya. 

Dan berakhirlah jaman Pajajaran (1482 –  1579). Itu ditandai dengan diboyongnya Palangka  Sriman Sriwacana, tempat duduk kala seorang raja dinobatkan, dari Pakuan ke Surasowan di  Banten  oleh  pasukan  Maulana  Yusuf.  Batu  berukuran  200  x  160  x  20  cm  itu  terpaksa  di  boyong Banten tradisi waktu ―mengharuskan‖ Pertama,  dengan dirampasnya Palangka tersebut, di Pakuan tidak mungkin lagi dinobatkan raja baru.  Kedua,  dengan  memiliki  Palangka  itu,  Maulana  Yusuf  merupakan  penerus  kekuasaan  Pajajaran yang ―sah‖ karena buyut perempuannya adalah puteri Sri Baduga Maharaja.  
Dalam Carita Parahiyangan diberitakan sebagai berikut: 
―Sang inyana   nu  nyieuna  palangka  Sriman  Sriwacana  Sri  Baduga  Maharajadiraja  Ratu  Haji  di  Pakwan  Pajajaran  nu  mikadatwan  Sri  Bima  Punta  Narayana  Madura Suradipati, inyana Pakwan Sanghiyang Sri Ratu Dewata. 
(Sang  Susuktunggal  ialah  yang  membuat  tahta  Sriman  Sriwacana  (untuk)  Sri  Baduga  Maharaja  ratu  penguasa  di  Pakuan  Pajajaran  yang  bersemayam  di  keraton  Sri  Bima  Punta  Narayana Madura Suradipati yaitu istana Sanghiyang Sri Ratu Dewata).
Kata  Palangka  secara  umum  berarti  tempat  duduk  (pangcalikan).  Bagi  raja  berarti  Tahta.  Dalam hal ini adalah tahta penobatanyaitu tempat duduk khusus yang hanya digunakan pada  upacara penobatan. Di atas Palangka itulah si (calon) raja diberkati (diwastu) oleh pendeta  tertinggi.  Tempatnya  berada  di  kabuyutan  kerajaan,  tidak  di  dalam  istana.  Sesuai  dengan  tradisi,  tahta  itu  terbuat  dari  batu  dan  digosok  halus  mengkilap.  Batu  tahta  seperti  ini  oleh  penduduk  biasanya  disebut  batu  pangcalikan  atau  batu  ranjang  (bila  kebetulan  dilengkapi  dengan kaki seperti balai-balai biasa). Batu pangcalikan bisa ditemukan, misalnya di makam  kuno  dekat  Situ  Sangiang  di  Desa  Cibalanarik,  Kecamatan  Sukaraja,  Tasikmalaya  dan  di  Karang  Kamulyan  bekas  pusat  Kerajaan  Galuh  di  Ciamis.  Sementara  batu  ranjang  dengan  kaki berukir dapat ditemukan di Desa Batu Ranjang, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang (pada  petakan sawah yang terjepit pohon). 
Palangka  Sriman  Sriwacana  sendiri  saat  ini  bisa  ditemukan  di  depan  bekas  Keraton  Surasowan  di  Banten.  Karena  mengkilap,  orang  Banten  menyebutnya  watu  gigilang.  Kata  gigilang berarti mengkilap atau berseri, sama artinya dengan kata sriman. 

Selesai.



Sumber referensi : membuka-misteri.blogspot.com/2006/07/jaman-pajajaran-1482-1579.html

No comments:

Post a Comment